Sabtu, 08 Maret 2014

BENIH DAN PERTUMBUHAN

Bagian kita adalah menanam dan menyiram, Bagian Tuhan adalah memberi pertumbuhan.

Tuhan hanya akan memberi pertumbuhan pada benih yang kita tanam & kita siram! Selama kita tidak menanam & menyiram, Tuhan takkan bekerja.

Jangan kuatir dengan pertumbuhan - itu bagiannya Allah. Selama kita melakukan bagian kita, maka Allah akan melakukan bagian-Nya.

Diantara waktu menanam dan waktu memanen, ada waktu menyiram/merawat. Disinilah pentingnya ketekunan dan kesabaran menanti hasil. Yang penting adalah: jangan pernah berhenti!

Semakin banyak kita menanam, dan semakin rajin kita menyiram, maka semakin banyak panen kita kelak.

Jika kelak benih itu bertumbuh, janganlah sombong, karena kita tidak punya kuasa untuk memberi pertumbuhan.

Sekalipun Allah yang berkuasa memberi pertumbuhan, bukan berarti kita berdiam diri atau bertindak sembrono. Karena Ia juga memberi kita hikmat untuk memilih tanah yang tepat, menanam benih dengan cara yang benar, dan merawat tanaman dengan kemampuan terbaik kita dan penuh kesabaran.

Hasil akhir tetaplah di tangan Allah. Sekeras apapun kita berusaha, jika Allah tidak memberi pertumbuhan, maka semua usaha kita menjadi sia-sia. Itulah sebabnya kita tidak boleh takabur dan mengandalkan diri sendiri. Kita harus selalu berharap dan mengandalkan-Nya.

Saat Allah berkenan menumbuhkan benih kita, dan memberi kita kemampuan untuk menikmati hasilnya, bahkan untuk membagikan kenikmatan tersebut kepada orang lain, itulah yang disebut ANUGERAH ALLAH! Segala puji syukur hanya bagi Dia!

"Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan." (1 Korintus 3:6-7).

RL, November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar